Perspektif Masyarakat Jelang Pemilu Serentak 2024

Arul Efansyah.

Oleh : Arul Efansyah

PEMILIHAN Umum (Pemilu) sangat penting di sebuah negara demokrasi, karena pemilu memberikan kesempatan bagi warga negaranya yang telah memenuhi syarat untuk menggunakan hak politiknya. Pemilu menjadi sarana proses pergantian kepemimpinan secara konstitusional, rutin atau berkala, dan damai. Pemilu yang berkualitas bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas taraf hidup masyarakat. Pemilu juga merupakan sarana pengambilan keputusan bersama dalam mencapai tujuan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

Suksesnya pemilu tidak terlepas dari peran dan partisipasi masyarakatnya, karena sebagai wujud tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, sebagai tolak ukur tingkat pemahaman dan keterlibatan masyarakat dalam agenda kenegaraan, termasuk sebagai indikator minat masyarakat dalam aktivitas politik, serta sebagai ukuran legitimasi dan kepercayaan masyarakat kepada pemimpin atau wakil rakyat terpilih, baik di tingkat lokal maupun nasional serta sebagai wadah menyalurkan aspirasi dan kepentingan masyarakat.

Memasuki kontestasi politik tahun depan masyarakat akan menyaksikan dan mengikuti momen bersejarah saat pemilihan presiden, pemilihan anggota DPD, DPR, DPRD I dan II, serta pemilihan kepala daerah yang akan digelar secara serentak pada tahun 2024. Tentunya banyak sekali informasi tentang situasi politik nasional yang saat ini sudah mulai bergulir di kalangan masyarakat dan terkadang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, sehingga memunculkan perspektif masyarakat yang beragam berkaitan dengan pelaksanaan pemilu serentak 2024.

Baca Juga :   5 Komisioner Bawaslu Bojonegoro Periode 2023-2028 Diumumkan, Ini Nama-namanya

Salah satu hal yang mempengaruhi perspektif masyarakat dalam menilai situasi politik nasional, menjelang pemilu 2024 adalah diterimanya informasi kepemiluan yang bersumber dari media masa dan media sosial. Informasi yang diterima masyarakat tentang kepemiluan dapat dinilai dari dua aspek, yakni positif dan negatif.

Masih adanya atensi dan antusiasme yang cukup besar dari masyarakat menyambut baik atas keputusan menggelar pemilu serentak 2024, bukti masyarakat memiliki semangat tinggi untuk memilih pemimpin atau wakil rakyat yang tepat untuk memajukan bangsa Indonesia.

Akan tetapi ada pula masyarakat yang masih tidak percaya dengan kemampuan dan kejujuran calon pemimpin atau wakil rakyat yang dapat memperjuangkan hak-hak masyarakat, termasuk mempertanyakan komitmen Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam menyelenggarakan dan mengawasi proses pemilu yang jujur dan adil.

Kekhawatiran masyarakat juga muncul dengan melihat situasi politik di Indonesia saat ini, masyarakat khawatir pemilu serentak 2024 bisa menimbulkan konflik dan perpecahan di Indonesia. Beberapa juga ada yang mengkritik tentang sistem politik Indonesia yang dinilai masih rawan korupsi, pencucian uang dan praktik curang lainnya.

Baca Juga :   Mengadapi Banjir Tanpa Umpatan dan Marah

Masyarakat berharap agar pemerintah bisa mendorong reformasi politik yang baik dan ideal agar pemilu serentak 2024 dapat berjalan dengan lebih baik. Harapan sebagian besar masyarakat agar pemilu serentak 2024 dapat melahirkan pemimpin yang berkompeten dan jujur untuk memajukan bangsa Indonesia, mengedepankan kepemimpinan, visi misi dan program kerja yang jelas, sehingga masyarakat dapat memilih pemimpin yang terbaik dan tepat.

Secara keseluruhan, persepektif masyarakat tentang pemilu serentak 2024 sangat beragam, namun banyak masyarakat yang masih memiliki harapan dan optimisme yang tinggi untuk menyelenggarakan pemilu serentak tahun 2024. Oleh karena itu, diperlukan kerja keras dan kerja cerdas semua pihak agar pemilu serentak 2024 terselenggara secara aman, damai, jujur dan adil.

Penulis adalah Pengurus Persatuan Alumni (PA) GMNI Bojonegoro

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *