Dibanding Tahun 2023, Jumlah Kedatangan Penumpang di Terminal Bojonegoro 2024 Meningkat

Arus mudik lebaran tahun ini.
MUDIK : Para pemudik yang menggunakan fasilitas bus gratis dari Dishub Jatim saat tiba di Terminal Tipe A Rajekwesi Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com — Arifin Jauhari

Bojonegoro — Jumlah kedatangan penumpang di Terminal Rajekwesi, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2023.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Type A Rajekwesi Bojonegoro, Budi Sugiarto mengatakan, mengacu data pada H-2 lebaran per pukul 12.00 WIB, Senin (08/04/2024), jumlah kedatangan penumpang meningkat lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

“Catatan siang ini jumlah kedatangan penumpang mencapai 2.931 orang,” katanya kepada Suarabanyuurip.com di kantornya.

Sedangkan merujuk pada hari yang sama di tahun 2023, jumlah penumpang dari Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Antar Kota Antar Provinsi saat itu total sebanyak 2.043, atau selisih 888 orang.

“Padahal data penumpang per hari ini belum penuh 24 jam, baru data 12 jam pertama,” ujarnya.

Oleh sebab itu, puncak arus mudik diperkirakan terjadi hari ini. Sebab dari jumlah 2.391 tersebut bakal bertambah lagi lebih banyak penumpang datang hingga 12 jam ke depan.

Setelah itu, sesuai kebiasaan yang terdata pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah kedatangan penumpang pada H-1 lebaran turun hingga separuh jumlah kedatangan H-2.

Baca Juga :   BLH Data Kerusakan Lingkungan Bengawan Solo

Sementara itu, khusus pemudik yang memanfaatkan fasilitas angkutan gratis telah datang sejak Minggu (07/04/2024) kemarin. Total ada 5 bus, yakni Perusahaan Otobus (PO) Dali Prima nomor kendaraan S 7598 UA dan S 7018 UA sebanyak 53 penumpang.

Kemudian PO.Pangeran Johar nomor W 7376 UY sebanyak 40 orang, PO Jaya Mulya nomor  H 7202 QA sebanyak 14 penumpang, dan datang menggunakan bus PO Prata Putra nomor kendaraan W 7178 UZ sejumlah 14 orang. Total tercatat 121 penumpang.

“Jadi jumlah penumpang datang pasti beda dengan saat naik dari titik keberangkatan, karena pemudik arah Bojonegoro banyak yang turun di kota-kota sebelumnya, tidak semuanya punya tujuan akhir di Bojonegoro,” terang Budi.

Berkenaan arus balik, Korsatpel ramah ini menyebutkan, ada angkutan gratis sebanyak 4 armada bus disediakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur pada tanggal 14 Maret 2024.

Bus gratis itu untuk penumpang arus balik dari Kabupaten Gresik, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro untuk tujuan Jakarta. Selain itu tersedia pula 2 bus gratis untuk arus balik tujuan Bojonegoro-Surabaya pada tanggal yang sama.

Baca Juga :   Pemkab Bojonegoro Larang Mobil Dinas Digunakan Mudik atau Berlibur

“Pemberangkatan ada tiga titik, yaitu dari Terminal Lamongan, Terminal Bojonegoro, dan Terminal Padangan,” tandasnya.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *