Lima Wilayah Kerja Migas Dilelang, Berikut Jadwalnya

hulu migas
FOTO ILUSTRASI : Salah satu kegiatan hulu migas Indonesia di lepas pantai.

SuaraBanyuurip.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan penawaran lima Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2024 pada pembukaan Indonesia Petroleum Association Convention and Exhibition (IPA Convex) ke-48. Kelima Wilayah Kerja tersebut terdiri dari 2 Wilayah Kerja Penawaran Lelang Reguler dan 3 Wilayah Kerja Penawaran Langsung.

WK migas yang dilelang reguler adalah WK Pesut Mahakam di Daratan Provinsi Kalimantan Timur dengan luas 1.530,15 Km2. Minimum komitmen pasti 3 tahun meliputi G&G, akuisisi dan processing Data Seismik 3D 114 Km2.

Kemudian, WK Panai di Daratan dan Lepas Pantai Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Riau dengan luas 5.180,46 Km2. Minimum komitmen pasti 3 tahun miliputi G&G, akuisisi dan processing Data Seismik 2D 500 Km.

Untuk tiga WK migas yang dilelang langsung meliputi Central Andaman yang terletak di Lepas Pantai Laut Andaman dengan luas 698,49 Km2. Komitmen pasti 3 tahun meliputi G&G, akuisisi dan processing Data Seismik 3D atau pembelian Data Seismik 3D minimal 650 Km2, serta advance reprocessing Seismik 3D.

Selanjutnya, WK Amanah yang berada di daratan Sumatera Selatan dengan luas 1.753,15 Km. Komitmen pasti tiga tahun meliputi G&G, akuisisi dan processing data seismik 3D 50 Km2.

Kemudian, WK Melati di daratan dan Lepas Pantai Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Tenggara dengan luas 8.453,70 Km2. Komitmen pasti tiga tahun meliputi G&G, akuisisi dan processing data seismik 2D 250 Km di bagian darat, akuisisi dan processing data seismik 3D 200 Km2 di lepas pantai.

Baca Juga :   3 Blok WIUPK Mineral Logam Akan Dilelang Prioritas

“Pemerintah melalui Kementerian ESDM terus berupaya meningkatkan iklim investasi hulu migas dengan menciptakan ketentuan pokok Kontrak Kerja Sama pada lelang Wilayah Kerja Migas yang menarik serta beberapa fasilitas insentif baik fiskal dan non-fiskal akan dapat diterima kontraktor dengan mengacu beberapa peraturan dan keputusan Menteri yang ada”, ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, di Tangerang, Selasa (14/5).

Pemerintah juga mengundang Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang bergerak pada industri hulu minyak dan gas bumi yang memiliki kemampuan keuangan dan teknis, mampu memenuhi syarat minimum Komitmen Pasti, memenuhi syarat dan ketentuan pokok Lelang Wilayah Kerja, serta memiliki kinerja dan track record yang baik untuk dapat berpartisipasi pada Lelang Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2024.

Menurut Dadan, pada lelang kali ini, Kementerian ESDM menawarkan beberapa ketentuan yang menarik, yaitu peningkatan bagi hasil; pembagian 10% First Tranche Petroleum (FTP); signature bonus dengan open bid dengan nilai minimum tertentu berdasarkan risiko; fleksibilitas dalam memiliki skema kontrak; ketentuan DMO menjadi 100% harga DMO; tidak adanya kewajiban pelepasan pada tiga tahun pertama komitmen; dan tidak ada plafon biaya untuk cost recovery.

“Sedangkan untuk akses data, saat ini kami sedang menggalakkan kemudahan dalam mengakses data melalui keanggotaan di Migas Data Repository. Selain penawaran menarik, kontraktor juga akan mendapatkan fasilitas perpajakan sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar Dadan.

Baca Juga :   Empat Strategi Capai Target Produksi 1 Juta Barel Minyak di 2030

Dadan mengungkapkan, dalam rentang tahun 2020 sampai dengan tahun 2024 ini tercatat sudah terdapat 26 Kontrak Kerja Sama WK Migas yang telah ditandatangani. 20 diantaranya merupakan penandatanganan Kontrak Kerja Sama baru hasil lelang dan 6 sisanya merupakan penandatanganan Kontrak Kerja Sama Perpanjangan/Alih Kelola.

“Tentunya hal ini merupakan suatu indikator bahwa kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi di Indonesia masih menarik bagi investor. Peningkatan dalam regulasi kita juga mendukung iklim investasi bagi investor, termasuk fasilitas perpajakan, insentif, serta syarat dan ketentuan yang lebih baik pada proses lelang,” jelas Dadan.(red)

Berikut Jadwal Lelang 5 WK Migas :

Lelang Reguler untuk Wilayah Kerja Pesut Mahakam dan Panai adalah:

a. Akses Bid Document: mulai tanggal 14 Mei 2024 s.d. 9 September 2024

b. Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi: 11 September 2024

Sementara jadwal Lelang Penawaran Langsung untuk Wilayah Kerja Central Andaman, Amanah dan Melati adalah:

a. Akses Bid Document: mulai tanggal 14 Mei 2024 s.d, 26 Juni 2024

b. Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi: 28 Juni 2024

Bagi Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang berminat, registrasi dan akses Bid Document dilakukan melalui website online lelang Wilayah Kerja Migas sesuai dengan jadwal yang ada di https://esdm.go.id/wkmigas

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *