Mengenang Kembali Sosok Bung Besar

Achmad Sofiyullah (jaket merah)
Achmad Sofiyullah (jaket merah)

          Oleh : Achmad Sofiyullah

Selamat hari lahir bung. Sepanjang hidup dikutuk seperti bandit, dipuja bagai dewa. Banyak orang yang mengagumimu sebagai penggerak kemerdekaan, ideolog ulung pencetus dasar fondasi negara, dan pemimpin yang terhormat di kancah dunia.

Terima kasih sudah menginspirasi banyak orang, terima kasih juga sudah lahir ditanggal 6 bulan 6. Tepat pada hari ini dimana usiamu menginjak 123 tahun adalah tugas kami untuk memberikan rumah bagi ide-idemu, kaki bagi cita-citamu, dan tempat bagi keteladananmu.

Sebagai legenda, anda nyaris sempurna. Sejumlah mitos dilekatkan kepadamu, seolah-olah dirimu adalah manusia setengah dewa, bersih dari segala kesalahan dan kekurangan. Orang lupa bahwa dirimu, tidak lain dari pelaku sejarah. Sebagai pelaku sejarah, dirimu banyak mengubah keadaan, tetapi juga dikondisikan oleh keadaan.

Seratus dua puluh tiga tahun semenjak kelahiranmu, kapitalisme belum lagi beranjak pergi. Orang-orang yang serakah, koruptor-koruptor sumber daya alam saling bekerja sama membentuk aliansinya. Seolah mengulang masa lalu menjadikan keuntungan pribadi sebagai orientasi. Setelah sekian lama bangsa Indonesia membutuhkan penyelamat lagi.

Baca Juga :   Pemdes Gayam Lantik Perangkat Desa untuk Formasi Kasi Kesejahteraan

Selamat Ulang Tahun Bung Besar. Kami tidak lagi bisa mengharapkan kehadiranmu kembali sebagai penyelamat. Tapi melalui sejarahmu aku tahu, bahwa penyelamat itu ada di tangan generasi muda saat ini, atau bahkan mungkin penyelamat itu adalah diriku sendiri.

Manusia tidak bisa mengabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama. Tuhan bersemayam di gubuk si miskin.

Penulis adalah Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Sumber Daya DPC GMNI Bojonegoro 2023-2025.

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *