Pleno Verfak I Dukungan Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal Terpenuhi 

KPU Bojonegoro dan terkait saat rapat pleno rekapitulasi hasil verfak ke I persyaratan dukungan Bapaslon Hj. Nurul Azizah-Nafik Sahal di Aula Kantor KPU setempat, Rabu (10/07).
KPU Bojonegoro dan terkait saat rapat pleno rekapitulasi hasil verfak ke I persyaratan dukungan Bapaslon Hj. Nurul Azizah-Nafik Sahal di Aula Kantor KPU setempat, Rabu (10/07).

SuaraBanyuurip.com – Sami’an Sasongko

Bojonegoro – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil Verifikasi Faktual (Verfak) ke I oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro atas dukungan terhadap bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati, Hj. Nurul Azizah-Nafik Sahal jalur independen atau perseorangan telah terpenuhi.

Pleno verfak ke I dilakukan di Aula Kantor KPU Bojonegoro Jl. KH. R. Moh. Rosyid No. 93 Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (10/07/2024). Hadir dalam Pleno Verfak I, Ketua KPU Bojonegoro Robby Adi Perwira beserta komisioner KPU, Ketua Bawaslu Bojonegoro Handoko Sosro Hadi Wijoyo, LO Bapaslon Agung Tri Winarno, Mohammad Mukhtar, serta Ketua PPK dan Divisi Teknis dari 28 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

Dalam rapat pleno diputuskan Lembar Kerja (LK) berjumlah 84.092. Kemudian yang memenuhi syarat (MS) berjumlah 74.540 dukungan. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat (TMS) sejumlah 9.552. Sementara syarat dukungan untuk calon independen minimal mendapat 67.200 dukungan.

Ketua KPU Bojonegoro, Robby Adi Perwira menyampaikan, bahwa dalam peraturan PKPU Nomor 8 tahun 2024 ada tahapan verfak ke II. Robby menjelaskan, dalam BA yang sudah di generate oleh aplikasi Silon memang sudah memenuhi syarat, akan tetapi adanya tahapan verifikasi faktual ke II itu bisa ditunggu.

Baca Juga :   Ingin Miliki Menantu KPPS dan Beli Terios, Segini Gajinya

“Untuk penetapan tanggal 19 Agustus 2024. Itu penetapan syarat dukungan perseorangan,” katanya.

Syarat dukungan yang sudah ditetapkan, lanjut Robby, bisa dipakai mendaftar sebagai Cabup dan Cawabup pada tanggal 27 sampai tanggal 29 Agustus 2024.

“Dalam akhir BA sudah dijelaskan, sudah memenuhi sehingga tidak perlu mengajukan untuk verifikasi faktual ke II. Jadi kita menunggu penetapan tanggal 19 Agustus 2024,” tandas Robby ketika ditanya jika calon telah menganggap cukup karena sudah terpenuhinya batas minimal apakah sudah bisa mendapatkan surat penetapan.

Sementara Hamida Hayati kakak kandung Hj. Nurul Azizah mengucapkan Alhamdulillah Verifikasi Faktual sudah selesai.

“Atas nama keluarga Bu Nurul Azizah, kami sangat terharu dengan waktu yang mepet dan atas support para relawan yang ikhlasnya tanpa batas demi menginginkan adanya perubahan pimpinan di Bojonegoro,” ujar Mbak Ida sapaan akrab Hamida Hayati.

Mbak Ida berharap, hasil pleno pada hari ini sebagai bekal ikhtiar menuju tahapan berikutnya.

“Semoga berkah barokah sampai dengan tahapan pencoblosan dengan hasil sesuai dengan harapan kita bersama. Do’akan ya adik saya Bu Nurul jadi Bupati Bojonegoro,” imbuhnya.(sam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *