Pilkades Serentak Bojonegoro : 14 Desa Akan Dipimpin Kades Baru

Prose penghitungan suara pilkades serentak Bojonegoro gelombang pertama yang dilaksanakan oleh salah satu desa.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Bojonegoro – Sebanyak 14 desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, akan dipimpin oleh kepala desa (Kades) baru. Mereka berhasil meraup suara terbanyak dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang pertama yang dihelat pada Rabu (26/10/2022) kemarin. Pelantikan cakades terpilih akan dilaksanakan mulai 28-30 Desember 2022, 2-31 Januari, dan 1-5 Pebruari 2023. 

Ke 14 desa yang akan dipimpin kades baru adalah Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan. Pilkades di desa sekitar sumur minyak tradisional ini dimenangi oleh Sarminto.

Kemudian Desa Kasiman, Kecamatan Kasiman akan dipimpin oleh kades baru bernama Edi Sukarmanto; Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander akan dipimpin Shofilin; Desa Pragelan, Kecamatan Gondang, akan dipimpin oleh Rumiyati; Desa Wedi, Kecamatan Kapas, akan dipimpin Heru Purnomo; dan Desa Geger, Kecamatan Kedungadem, akan dipimpin Purwanto.

Selanjutnya, Desa Ngraho, Kecamatan Ngraho akan dipimpin oleh Lukman Haris; Desa Kemiri, Kecamatan Malo akan dipimpin Anwar Ja’in; Desa Semanding, Kecamatan Bojonegoro dipimpin Suharto; Desa Sidomukti, Kecamatan Kepohbaru akan dipimpin AH. Thohir; Desa Sidorejo, Kecamatan Sukosewu akan dipimpin Herman ST; Desa Sumuragung; Kecamatan Sumberrejo, akan dipimpin Mashadi; Desa Pekuwon, Kecamatan Sumberrejo, akan memimpin Rona Probily, dan Lely Yusliani S.IP; Desa Prayungan, Kecamatan Sumberrejo.

Baca Juga :   Kades Kuniran Tuntut Pemkab Bojonegoro ke PTUN

Data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bojonegoro, pilkades serentak gelombang 1 tahun 2022 dilaksanakan di 33 yang tersebar di 21 kecamatan. Ada 84 cakades bertarung untuk memimpin desa enam tahun kedepan. Dari jumlah itu, sebanyak 69 cakades adalah laki-laki dan 19 perempuan.

Dari 84 calon, sebanyak 25 orang adalah petahana, 51 calon baru dan 8 merupakan mantan kades yang pernah menjabat sebelumnya.

Hasilnya, dari 25 calon kepala desa (Cakades) petahana yang bertarung dalam pilkades serentak gelombang pertama tahun 2022, hanya 15 orang mampu mempertahankan jabatannya. Sementara 10 lainnya tumbang dalam perhelatan pesta demokrasi tingkat desa. Sedangkan 8 orang cakdes yang pernah menjabat hanya 4 orang yang menang.

“Pelantikan Kepala Desa terpilih akan dilaksanakan mulai 28-30 Desember 2022, 2-31 Januari, dan 1-5 Pebruari 2023. Pelantikan akan dilakukan oleh Bupati atau pejabat yang ditunjuk,” bunyi Surat Edaran Bupati Bojonegoro Nomor 140/844/412.211/2022 taggal 7 Juni 2022 tentang tahapan pilkades serentak gelombang pertama.(suko)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *