Pertamina Sukowati Resmi Kelola Sumur Migas Kolibri

Tim Eksplorasi Regional 4 dan Manajemen Pertamina EP Sukowati Field saat berada di sumur migas Kolibri di Desa Bondol, Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro.

Suarabanyuurip.com – Arifin Jauhari

Bojonegoro – PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (PEP) Sukowati Field, kini resmi mengelola sumur minyak dan gas bumi (migas) Kolibri (KOL) 001 yang terletak di Desa Bondol, Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Pengelolaan oleh PEP Sukowati ini ditandai dengan adanya serah terima dari tim eksplorasi yang diwakili VP Eksplorasi Regional 4, Dedi Yusmen dan Senior Manager SSDP Eksplorasi Regional 4 Area 1 Bambang Suryoko kepada Field Manager PT Pertamina EP Sukowati Totok Parafianto

“Sumur Eksplorasi Kolibri 001 (Kol-001) telah kami serah terimakan pada hari Jumat, 30 Desember 2022 pukul 20.00 WIB,” kata VP Ekplorasi Regional 4, Dedi Yusmen dalam keterangan tertulisnya kepada SuaraBanyuurip.com, Senin (02/01/2023).

Dia menjelaskan, bahwa Sumur Kolibri memiliki potensi besar dalam meningkatkan ketersediaan cadangan energi bagi negara. Karena, hasil studi pasca weltesting disimpulkan, proyeksi gas hasil sumur sebesar 15 juta kaki kubik per hari atau 15 Milion Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD).

‘Sedangkan proyeksi Condensat dihasilkan sebesar 80 BCPD (Barel Condensate Per Day),” jelasnya.

Baca Juga :   Pemkab Minta Jatah Pengelolaan Flare Gas Blok Cepu

Dedi Yusmen (kiri) . Totok Parafinto (kanan)
© 2023 suarabanyuurip.com/Dok.Pertamina

Pria yang akrab disapa Dedi ini mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih atas dukungan dari berbagai fungsi. Baginya ini adalah keberhasilan bersama sejak dilakukan tajak sumur pada tanggal 03 Juli 2022 dan release sumur pada tanggal 16 November 2022.

“Rekan-rekan seluruh fungsi baik dari Eksplorasi, Drilling, HSSE, serta Relations sangat senada dalam pelaksanaan pembagian irama pekerjaan, saya sangat mengapresiasi hal tersebut,” ungkapnya.

Terpisah, Field Manager PT Pertamina EP Sukowati, Totok Parafianto menyatakan telah siap mengambil alih tongkat estafet dan memaksimalkan segala potensi yang ada. Pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Fungsi Eksplorasi Regional 4, yang telah mempercayakan pengembangan sumur Kolibri 001 (Kol-001) kepada Field Sukowati.

“Kami berkomitmen untuk memaksimalkan segala potensi yang ada di wilayah baik dalam aspek produksi minyak dan gas maupun aspek lingkungan serta kemasyarakatan,” ujarnya.

Pria ramah ini juga mengaku sudah memberikan arahan kepada seluruh tim Pertamina EP Sukowati agar sesegera mungkin dapat mengumpulkan list kebutuhan pengembangan dan perbaikan area sumur untuk dibahas dalam agenda rapat koordinasi mingguan.

Baca Juga :   Ini Deretan Sumur Pertamina yang Menambah Cadangan Migas

“Saya memohon bantuan rekan-rekan fungsi yang hadir saat itu agar dapat membuat list kebutuhan pengembangan dan perbaikan area sumur untuk kami bahas dalam rapat koordinasi mingguan,” imbuhnya.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *