Rig PDSI di Sumur Migas Kolibri Akan Dimobilisasi ke Pad A Mudi Tuban

Lokasi Pad A Lapangan Migas Mudi di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Suarabanyuurip.com – Arifin Jauhari

Tuban – Peralatan menara pemboran rig milik PT. Pertamina Drilling Services Indonesia (PT. PDSI) di sumur minyak dan gas bumi (Migas) Kolibri di Desa Bondol, Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, akan dimobilisasi (dipindahkan) ke Pad A Lapangan Migas Mudi di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Mobilisasi rig PDSI dan kontraktor lainnya ke Lapangan Mudi yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Jawa Randugunting (PHE TEJ) ini dilakukan guna melakukan pemboran sumur pengembangan Mudi 10ST2 dan Sumur Mudi 27.

“Tentu mobilisasi ini memerlukan dukungan dari masyarakat dan stake holder yang dilalui peralatan rig menuju ke Lapangan Mudi,” kata Manager TEJR Field PHE TEJ, Cahyo Tri Mulyanto melalui Field Relation M. Ulin Najah, kepada SuaraBanyuurip.com, Selasa (03/01/2023).

Dia menggambarkan, saat pemindahan rig  akan ada sejumlah 240 load 240 atau 240 kali muat material. Estimasi pelaksanaannya memerlukan waktu sekitar 25 hari. Sedikit lebih lama dari biasanya yang memakan waktu sekitar 14 hari.

Baca Juga :   Regional Indonesia Timur Operasikan Migas dengan Prinsip ESG

Field Relation PHE TEJ, M. Ulin Najah.
© 2023 suarabanyuurip.com/Arifin Jauhari

Sedangkan waktunya selama 24 jam dengan prosedur Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) serta menyesuaikan kondisi lalu lintas dan aktifitas masyarakat. Untuk itu diperlukan masukan dari masyarakat, agar ketika ada kegiatannya yang berpotensi terganggu adanya mobilisasi, dapat dimitigasi oleh pihaknya lebih awal.

“Kami selalu ingatkan kepada seluruh pelaksana agar menghindari jam jam yang cukup padat aktifitas masyarakat. Misalnya di Desa Kebonagung saat sore hari. Karena banyak penjual di sana,” jelasnya.

Guna pengamanan, pada titik titik rawan yang berpotensi ada gangguan lalu lintas, dan di titik yang mungkin ada kabel fasilitas umum yang rawan terganggu. Sehingga pelaksanaan mobilisasi rig dan peralatan berat kontraktor lainnya bisa berjalan lancar dan aman.

Rute yang diambil yaitu dari Sumur Migas Kolibri KOL 001 Desa Bondol, Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro, menuju ke Pad A Lapangan Mudi di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

“Check poinnya di SPBU Pekuwon Rengel untuk dilakukan inspeksi. Untuk hal ini kami lakukan sangat ketat. Hanya kendaraan yang menang fit menurut standar yang bisa masuk ke lokasi,” jelas pria yang akrab disapa Ulin.

Baca Juga :   Enam Daerah di Jatim Sepakat Ikut Kelola PI 10% WK Tuban dan Brantas

“Rencana pelaksanaan mulai minggu kedua bulan Januari 2023 atau satu minggu lagi. Tentunya ini juga karena kesiapan armada dan teknis lainnya agar segala kendala bisa terhindarkan,” lanjutnya.

Terpisah, Senior Engineering Drilling Zona 11 Regional 4 PHE TEJ, Dhony Afriyantho mengatakan, bahwa jenis rig yang akan dimobilisasi adalah rig PDSI 04.3 berkapasitas 1.500 HP. Ditargetkan dapat melakukan pengeboran di Sumur Mudi 10ST2 mencapai kedalaman 8.800 feet atau sekira 2.600 meter.

“Sedangkan di Sumur Mudi 27 target kedalamannya sekira 9.500 feet atau sekira 2,8 kilometer. Nah, untuk kedua sumur itu rig kapasitas 1.500 HP ini yang cocok, sesuai target kedalaman,” pungkasnya.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *