Pertamina EP Sukowati Gagas Taman Lansia Pertama di Tuban

PERDANA : Taman Lansia, di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang digagas oleh Pertamina EP Sukowati Field.

Suarabanyuurip.com – Arifin Jauhari

Tuban – Operator lapangan minyak dan gas bumi (Migas) Sukowati, Blok Tuban, PT. Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Sukowati Field mengagas Taman Lansia. Taman yang ramah untuk para lanjut usia (Lansia) ini adalah perwujudan gagasan yang pertama ada, terletak di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Public Relation PT Pertamina EP Sukowati Field, Eko Yudha Prawira mengatakan, bahwa melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pihaknya mencoba menjawab permasalahan lansia di Desa Rahayu dengan menginisiasi Taman Ramah Lansia.

“Taman Ramah Lansia ini baru pertama kali ada di Kabupaten Tuban. Taman ini merupakan upaya penyediaan ruang interaksi dan ruang terbuka bagi masyarakat khususnya para Lansia di Desa Rahayu,” katanya kepada SuaraBanyuurip.com, Jumat (13/01/2023).

Dijelaskan, Taman Lansia yang terintegrasi dengan sarana olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi lansia. Masyarakat yang tadinya tidak memiliki ruang publik sebagai sarana interaksi sosial dan sarana olahraga saat ini telah terfasilitasi dengan adanya taman ini.

Baca Juga :   Pertamina Sukowati Tanam Bunga Telang di Desa Sekitar Blok Tuban

Selain itu, lanjut pria asi Betawi ini, Taman Lansia juga diintegrasikan dengan kebun bunga telang (Clitoria Ternatea L) yang dapat diolah menjadi minuman kesehatan sebagai produk UMKM masyarakat setempat.

Kawasan taman ramah lansia ini nantinya diproyeksikan menjadi sentra publik. Pun dikembangkan sebagai sentra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Rahayu sebagai upaya mengangkat perekonomian masyarakat setempat.

Dengan begitu maka pihaknya berharap program yang dijalankan oleh Pertamina EP Sukowati Field ini dapat memberikan multiplier effect atau dampak berganda bagi masyarakat Desa Rahayu.

“Tentu kami mengajak masyarakat setempat untuk turut aktif dalam mengembangkan kawasan taman ini, salah satunya dengan turut serta menjaga fasilitas taman tersebut, sehingga dapat dinikmati masyarakat secara berkelanjutan,” ujar pria yang akrab dipanggil Yudha.

Terpisah, Kepala Desa Rahayu, Imam Lughuzali menilai, Pertamina EP Sukowati melalui Eko Yudha Prawira sangat komunikatif terhadap pihaknya. Khususnya dalam melaksanakan program CSR. Salah satu manfaat yang telah diwujudkan adalah Taman Lansia.

“Kami memberi masukan kepada Relation, agar program yang ada ini tidak hilang begitu saja, namun bisa membekas di masyarakat, dapat dinikmati ke anak cucu. Dan hadirnya CSR di Rahayu diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :   Kucurkan Modal Ekonomi Kreatif Kartar

Kedepan, pria ramah ini berharap, kelanjutan program CSR kedepan ada hubungannya dengan bidang pertanian. Karena ada kesulitan dalam kebutuhan pupuk. Sehingga ada pelatihan pembuatan pupuk dari Pertamina EP Sukowati. Ada pula, selain itu ialah permasalahan buang sampah sembarangan. Maka dirasa perlu tempat atau alat dalam penanganan masalah sampah.

“Selama ini kami sangat terbantu dan berterimakasih dengan adanya program CSR Pertamina Sukowati, serta berharap bisa terus bersinergi dengan kami dalam menjawab persoalan masyarakat ring 1 migas,” tandasnya.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *