Telan Biaya Rp 2,9 Miliar, Jalan Cor Wonocolo – Kawengan Baru Setahun Sudah Rusak

DIPASANG PLANG : Kendaraan roda empat terpaksa dialihkan ke kawasan hutan akibat jalan Wonoco - Kawengan rusak diterjang longsor.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Bojonegoro – Jalan poros utama kecamatan (PUK) Wonocolo – Kawengan, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, rusak parah. Padahal jalan tersebut baru selesai dibangun tahun 2022 dengan menelan biaya Rp2,9 miliar.

Jalan PUK Wonocolo – Kawengan berada di wilayah penambangan sumur minyak tradisional. Jalan ini menghubungkan antara Kecamatan Kedewan – Senori, Kabupaten Tuban, – Malo, Kabupaten Bojonegoro.

Dari pantauan, badan jalan cor patah hingga membuat jalan terangkat. Kerusakan ditengarai akibat salah satu bahu jalan mengalami longsor.

Longsor disebabkan tebing curam terkikis air. Sementara saat pembangunan jalan dilasanakan tidak disertai dengan tembok penahan tanah.

Dampaknya kendaraan roda empat baik dari arah Kedewan menuju Kawengan – Senori – Malo dan sebaliknya terpaksa dialihkan memasuki kawasan hutan. Sedangkan pengendara kendaraan roda dua masih bisa melintas, namun harus ekstra hati-hati.

“Itu sudah lama. Kalau tidak salah bulan November 2022 kemarin waktu hujan deras,” kata Kepala Wonocolo, Sarimanto kepada suarabanyuurip.com, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga :   Bakorwil Bojonegoro Gelar Rapat Kesiapsiagaan Bencana Alam

Jalan cor Wonocolo - Kawengan Rusak © 2023 suarabanyuurip.com

Titik jalan cor Wonocolo – Kawengan patah hingga mengakibatkan badan jalan terangkat.
© 2023 suarabanyuurip.com/d suko nugroho

Berdasarkan informasi yang diterima, lanjut dia, perbaikan kerusakan jalan Wonocolo – Kawengan akan dilaksanakan pada tahun 2023 ini. Perbaikan dilakukan bersamaan sembilan titik kerusakan jalan di wilayah Kedewan. Selain badan jalan cor patah, sebagian jalan longsor tergerus air.

“Belum lama ini tim dari provinsi Jatim dan Pemkab Bojonegoro telah datang ke sini untuk mengecek kerusakan jalan. Perbaikan kerusakan jalan di Wonocolo ini menjadi prioritas karena telah ditetapkan sebagai Destana atau Desa Tangguh Bencana,” tutur kepala desa yang terpilih dalam Pilkades serentak Oktober 2022 lalu itu.

Perbaikan jalan Wonocolo – Kawengan direncanakan menggunakan anggaran kebencanaan yang bersumber dari Pemprov Jatim.

“Kalau kerusakan yang di Wonocolo ini nantinya akan dikasih TPT di sisi bahu jalan agar tidak terjadi longsor lagi,” pungkas Sarimanto.

Berdasarkan data layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Bojonegoro, proyek rekonstruksi jalan Wonocolo – Kawengan dilaksanakan tahun 2022 dengan nilai kontrak Rp 2.994.058.331 dari pagu Rp 6.950.000.000. Proyek ini dikerjakan oleh Cv. Wahana Era Aksi beralamat Jalan Watu Miring No 38 RT 005 RW 001 Desa/Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga :   Belum Terima Ganti Rugi Rumah Dirobohkan

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Bojonegoro, Retno Wulandari dikomfirmasi terkait perbaikan kerusakan jalan Wonocolo – Kawengan tidak merespon. Pesan WhatsApp yang dikirimkan suarabanyuurip.com, Minggu (4/6/2023), pukul 12.28 wib, belum dibalas hingga berita ini diterbitkan.(suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *