Desa-desa Sekitar Operasi Migas di Bojonegoro Siap Tekan Emisi Karbon

FOTO ILUSTRASI : Seorang pengendara motor sedang melintas di jalan dekat pengeboran migas Banyu Urip, Blok Cepu.

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Sejumlah desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur siap menekan emisi karbon. Terutama desa yang berada di dekat operasi migas seperti Desa Ngampel dan Mojodelik.

“Untuk Mojodelik, kami akan melakukan penamanan pohon di poros desa,” kata Kades Mojodelik Kecamatan Gayam Yuntik Rahayu. Desa Mojodelik berada di sekitar migas Blok Cepu.

Dia mengatakan, selain melakukan penanaman pohon nantinya juga akan menanam buah-buahan di wisata yang ada di Desa Mojodelik. Ini bertujuan untuk memperbanyak penghijauan terutama dalam penyerapan karbon.

“Kami sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini,” katanya, Rabu (14/6/2023).

Sementra itu, Kepala Desa Ngampel Purwanto mengatakan, akan berpartisipasi dan menanam pohon untuk menekan emisi karbon. Apalagi Desa Ngampel berada di sekitar operasi migas Lapangan Sukowati.

“Tentu akan tetap berusaha berpartisipasi, dan menanam pohon di jalan desa,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) Mohammad Kundori mengatakan, kegiatan peduli emisi karbon ini merupakan salah satu program tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) di bidang lingkungan. Nantinya diharapkan program emisi karbon ini dapat menjadi pemantik yang baik bagi Bojonegoro dalam menjalankan program berbasis lingkungan hidup berkelanjutan.

Baca Juga :   Pembebasan Tanah Puskesmas Gayam Dibiayai APBD

“Kami akan melakukan upaya untuk mengapresiasi atau membeli karbon, ada istilahnya karbon kredit mengarahnya, namun regulasi karbon kredit atau perdagangan karbon masih terus kita pelajari lebih lanjut,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *