Kades Wotan : Santunan Pengantin Rp2,5 juta Terlalu Kecil, Saya Usulkan Rp5 juta Satu Orang

Kades Wotan, Anam Warsito.

SuaraBanyuurip.com – Sami’an Sasongko

Bojonegoro – Pemerintah Desa (Pemdes) Wotan, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, setuju dengan adanya program santunan untuk pengantin. Program ini dinilai dapat membantu bagi kalangan masyarakat kurang mampu.

“Saya sangat setuju dengan adanya program bupati untuk santunan bagi pengantin. Karena uang Rp2,5 juta di kali dua total Rp5 juta untuk sepasang pengantin tentu akan sangat membantu bagi kalangan masyarakat yang kurang mampu,” kata Kepala Desa (Kades) Wotan, Anam Warsito, kepada SuaraBanyuurip.com, Sabtu (26/08/2023).

Soal anggaran, lanjut Anam, dia kira tidak ada masalah karena sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) APBD Bojonegoro di 2023 ini sangat banyak maka dari sudut pandang ketersediaan anggaran sangat memungkinkan untuk direalisasikan.

“Saya lebih menyebut santunan untuk pengantin baru karena sasarannya adalah keluarga kurang mampu,” ujarnya.

Ditambahkan, bahwa dengan banyaknya masyarakat yang sudah mengajukan permohonan kurang lebih 877 warga ini membuktikan program tersebut sangat ditunggu-tunggu dan direspon positif oleh masyarakat.

Untuk besaran santunan yang diberikan, kata Anam, jika hanya Rp2,5 juta dirasa terlalu kecil. Maka dia mengusulkan agar santunan yang diberikan tiap orang Rp5 juta. Sehingga sepasang pengantin baru akan mendapatkan Rp10 juta. Dengan jumlah Rp10 juta tentu dapat digunakan sebagai modal usaha bersama untuk mengarungi bahtera kehidupan berumah tangga.

Baca Juga :   Warga Katur Hentikan Mobil Iso Tank di PUK Gayam

“Silpa kita (APBD) Rp3 triliun maka jangan terlalu pelit untuk masyarakat apa lagi untuk pasangan pengantin dari keluarga yang kurang mampu,” pungkasnya.(sam)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *