Hampir 2 Tahun Kosong, Lowongan Dirut BUMD Bojonegoro Sepi Peminat

Kantor PT BBS
Kantor PT BBS, BUMD Bojonegoro, Jawa Timur di Jalan Diponegoro.

SuaraBanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Lowongan Direktur Utama (Dirut) PT Bojonegoro Bangun Sarana (BBS), BUMD Bojonegoro, Jawa Timur, sepi peminat. Beberapa kali diperpanjang hanya dua orang yang mendaftar dan satu pendaftar dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

Jabatan dirut perusahaan pelat merah mengalami kekosongan hampir dua tahun. Sejak Thomas Gunawan mengundurkan diri sebagai Dirut PT BBS pada 8 Juli 2022 melalui persetujuan rapat umum pemegang saham. Jabatan Thomas saat itu masih tersisa 2,5 tahun setelah dilantik pada Pebruari 2020.

Tim pansel kemudian membuka lowongan Dirut PT BBS pada tanggal 26 Juli – 2 Agustus 2022. Kemudian diperpanjang lagi pada tanggal 10 – 18 Agustus 2022, karena dari tujuh pelamar hanya satu orang yang memenuhi syarat.

Kemudian pada September 2022, tim pansel menetapkan tiga bakal calon Dirut PT BBS melalui Berita Acara Nomor : 539/644/412.021/2022 tanggal 8 Agustus 2022 dan Berita Acara Nomor : 539/731/412.021/2022 tanggal 31 Agustus 2022.

Mereka adalah Dobi Krisnawan, Eko Tjipto, dan Lalu Muhammad Cholid. Ketiganya dinyatakan lulus administrasi.

Namun setelah tidak ada kabarnya dari hasil seleksi tersebut, tim pansel kembali membuka lowongan Dirut PT BBS pada 9 Agustus 2023. Selama pembukaan lowongan, dari dua pelamar yang menyampaikan berkas lamaran kepada pansel, satu pelamar dinyatakan memenuhi syarat seleksi administrasi yaitu Moh Nur Faqih.

Baca Juga :   Pengurus BUMDes Mugirahayu Mojodelik Dapat Pelatihan Keuangan dan Content Creator

Karena pendaftar hanya ada dua orang dan satu yang dinyatakan lolos administrasi, sehingga pengisian Dirut PT BBS diperpanjang sampai 12 Oktober 2023 kemarin.

Itu berdasarkan Pasal 46 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah, disebutkan bahwa Pelaksanaan seleksi aministrasi dan UKK menghasilkan paling sedikit 3 (tiga) atau paling banyak 5 (lima) Calon Anggota Direksi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah mengatakan seleksi calon Dirut PT BBS sudah diperpanjang atau dibuka kembali tanggal 4 September 2023 sampai dengan tanggal 12 September 2023.

“Namun untuk perkembangan saat ini apakah sudah banyak yang daftar yang lebih tahu dari Bagian Perekonomian,” katanya.

Sementara itu suarabanyuurip sudah beberapa kali berupaya menghubungi Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Bojonegoro, Budi Sukisna, namun tidak pernah direspon. Baik melalui panggilan telepon maupun pesan Whatsapp.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro, Sigit Kushariyanto mendorong kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk segera mengisi kekosangan Dirut PT BBS yang sudah terjadi setahun lebih.

Baca Juga :   Muncul Lagi Wacana Bojonegoro Ingin Kelola Gas Flare Lapangan Banyu Urip

Kokosongan Dirut PT BBS ini, lanjut Sigit, bisa mempengaruhi kinerja perusahaan. Sebab pelaksana tugas (Plt) atau penjabat sementara (Pjs) Diriut memiliki keterbatasan kewenangan, seperti dalam mengambil keputusan.

“Kalau (kekosongan) ini terus berlarut-larut, tentu akan berdampak terhadap target pendapat asli daerah atau PAD yang dibebankan kepada PT BBS,” tegasnya.

Oleh karena itu, politisi Partai Golkar ini meminta kepada tim pansel Pemkab Bojonegoro untuk lebih terbuka mengumumkan pengisian Dirut PT BBS kepada masyarakat. Agar banyak warga Bojonegoro yang ikut berparisipasi mendaftar.

“Memang seorang Dirut ini harus benar-benar mengusasi manajerial dan bisnis. Tapi jika lowongan ini diumumkan melalui sarana yang lebih banyak dan luas lagi, tentu akan semakin banyak yang mendaftar,” tegas Sigit.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Izin Usul Bapak/Ibu yg terhormat,alahkah sebaiknya PT.BBS juga menyediakan jasa Pengamanan/Satpam
    Supaya Kedepan,nya khususnya di Daerah Sendiri banyak Pabrik2 dan Perkantoran2 Swasta bisa di Handel Semua sama Putra2 Asli Bojonegoro sebagai Jasa Pengamanan.Terima kasih