Optimalkan Bandara Ngloram Cepu, Akan Dirikan Sekolah Penerbangan

Bandara Ngloram.
Bandara Ngloram resmi melayani jamaah umroh.

SuaraBanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Keberadaan Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, terus dioptimalkan. Selain melayani penerbangan feeder jamaah umroh, bandara yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini telah menyiapkan skema lain.

“Rencananya nanti akan ada sekolah penerbangan, kemudian JFC (Jogja Flying Club) dalam rangka Aerowisata Blora dan beberapa lainnya, sambil menunggu penerbangan reguler dibuka kembali,” kata Bupati Blora Arief Rohman.

Bupati Arief menjelaskan layanan perdana penerbangan feeder jamaah umroh resmi dibuka pada Kamis (16/11/2023) petang. Sekitar 50 orang jamaah umroh Kabupaten Blora terbang ke Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat ATR-72, milik maskapai penerbangan Citilink.

Pembukaan penerbangan feeder umroh di Bandara Ngloram ini, lanjut Bupati Arief, merupakan tindak lanjut perjanjian kerja sama antara biro umroh PT. Jaho Mulya Sunjaya dengan sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) perbankan Kabupaten Blora. Seperti Bank Jateng, Perumda BPR Bank Blora Artha, PT BPR BKK Blora (Perseroda), Koperasi Karya Sejahtera di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora pada Rabu, 4 Oktober 2023 lalu.

Baca Juga :   Lakukan Lob-lobi, Bupati Blora Upayakan Bandara Ngloram Makin 'Hidup'

Bupati Arief berharap, kedepan biro-biro perjalanan umroh dari wilayah tetangga seperti Bojonegoro, Tuban, Rembang, dan lainnya juga bisa memanfaatkan penerbangan feeder dari Bandara Ngloram.

“Minat umroh dari Bojonegoro, Tuban, Rembang juga tinggi. Kami optimis penerbangan feeder ini juga akan bisa menarik biro biro perjalanan umroh dari wilayah tersebut. Sehingga kedepan Bandara Ngloram semakin berkembang,” tambah Bupati.

Anggota Komisi V DPR RI, Gus An’im Falahuddin Mahrus, yang ikut dalam rombongan umroh mengapresiasi upaya keras Bupati Arief Rohman dalam rangka optimalisasi Bandara Ngloram.

“Saya salut pada Pak Bupati, Gus Arief yang terus berinovasi untuk optimalisasi Bandara Ngloram. Agar keberadaan Bandara ini bisa bermanfaat untuk masyarakat, salah satunya dengan pembukaan penerbangan feeder umroh seperti ini. Kami berharap kedepan Bandara Ngloram bisa berkembang untuk melayani lebih banyak lagi penerbangan, mengingat Cepu Blora ini memiliki letak yang strategis di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ucap Gus An’im yang juga masyayikh Ponpes Lirboyo Kediri itu.

Direktur PT. Jaho Mulya Sunjaya, Arifah Mulyani mengungkapkan alasannya memilih Bandara Ngloram sebagai bandara ‘feeder’ ibadah umrah. Yakni potensi calon jamaah umrah yang berada di Kabupaten Blora dan sekitarnya cukup luar biasa banyak.

Baca Juga :   Kesulitan Ijin Masuk Lokasi Sumur Angguk

“Kalau potensi jamaah umrah saya melihat di Blora ini sangat luar biasa, apalagi saya melihat banyak pesantren, terus minatnya masyarakat juga bisa kita lihat setiap tahunnya, saya membaca di data tinggi sekali,” ucap Arifah Mulyani.

Terpisah, Kepala UPBU Dewandaru, Ariadi Widiawan menyatakan senang dan mengapresiasi dukungan Pemkab Blora dalam optimalisasi Bandara Ngloram.

“Pak Bupati Blora ini tidak pernah berhenti berinovasi agar Bandara Ngloram ada penerbangan. Salah satunya dengan feeder umroh ini. Kami siap mendukung, apalagi antrian haji reguler sangat lama. Banyak yang pengen umroh. Jadi ini program yang tepat untuk optimalisasi Bandara Ngloram,” ungkapnya.(suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *