Sukses Berternak Kambing dengan Omset Puluhan Juta, Mas Teguh Dorong Anak Muda Lebih Kreatif

Mas teguh
Teguh Haryono atau Mas Teguh, Caleg DPR RI PDI Perjuangan Dapil IX, melihat usaha peternakan Sumber Ternak milik Rijal di Desa Simbatan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com – Peternakan menjadi salah satu penopang ketahanan pangan Indonesia, karena mampu menyediakan kebutuhan protein bagi masyarakat. Peternakan juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan jika dikelola dengan baik. Teguh Haryono atau Mas Teguh, calon legislatif (Caleg) DPR RI PDI Perjuangan daerah pemilihan (Dapil) IX Bojonegoro dan Tuban, mendorong para pemuda menangkap peluang usaha tersebut.

Salah satu anak muda Bojonegoro, Jawa Timur yang cerdas dan sukses menangkap peluang usaha peternakan adalah M Rijal Masyhur Amin. Pemuda asal Desa Simbatan, Kecamatan Kanor, ini membuat peternakan kambing, yang terintegrasi secara baik, mulai dari pembibitan sampai penggemukan.

Usaha peternakan kambing yang diberi nama Sumber Ternak ini juga mengolah kotoran kambing menjadi pupuk organik, dan memproduksi pakan ternak untuk dipasarkan ke sejumlah wilayah di Bojonegoro. Selain usaha ini juga melayani penyembelihan dan pengolahan daging untuk kurban maupun akikah.

Saat ini ada sekitar 500 ekor kambing yang dikelola Rijal. Dalam sebulan ia mampu menjual 30 sampai 50 ekor kambang dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta. Omset yang didapat Rijal sekitar Rp 75 juta per bulan.

Baca Juga :   Merintis Peternak Kambing di Tiung Biru

“Peternakan ini memilki potensi ekonomi yang bagus khususnya untuk di desa, pasarnya masih luas, karena kebutuhan daging terus meningkat, sehingga beternak ini bisa meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat desa,” kata Rijal.

Rijal adalah lulusan sarjana peternakan. Ia merasa bangga bisa menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk berternak kambing, dan menghasilkan cuan.

“Jangan berpikir gengsi-gengsian. Tapi harus kreatif dalam menangkap peluang usaha yang bisa menghasilkan pendapatan,” pesan pemuda lajang ini.

Keberhasilan Rijal dalam usaha ternak kambing menarik perhatian Mas Teguh. Caleg asli Bojonegoro kelahiran Desa Nglumber, Kecamatan Kepohbaru ini menyempatkan mengunjungi peternakan Sumber Ternak milik Rijal.

Mas Teguh merasa bangga terhadap keseriusan dan keuletan Rijal. Meski usianya baru 24 tahun, ia berhasil membangun dan mengembangkan usaha peternakan kambing.

“Ketahanan pangan bukan saja soal karbohidrat tapi juga protein, seperti peternakan milik Rijal ini. Dia anak muda yang harus dicontoh, anak muda kok mau berternak kambing, tentu ini luar biasa,” ujar Mas Teguh

Baca Juga :   Pusat Akan Percepat Pembangunan Jalan Daerah Penghubung Kawasan Industri

Mas Teguh berharap kesuksesan Rijal beternak kambing ini menginspirasi anak muda di desa lebih kreatif dan inovatif dalam menangkap peluang usaha.

“Anak muda harus kreatif seperti Rijal ini, karena apa yang ia geluti mampu meningkatkan perekonomian dan membantu masyarakat luas,” tambahnya.(red/adv)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *