ExxonMobil Cepu Limited Kirimkan Operator Produksinya ke PPSDM Migas Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi

Ppsdm migas.
PPSDM Migas memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada operator produksi ExxonMobil Cepu Limited.

SuaraBanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bekerja sama mengadakan pelatihan yang diikuti oleh pelaksanaan sertifikasi Operasi Produksi Tingkat Operator Muda. Pelatihan telah dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 13 – 14 Desember 2023.

Asyik Kurniawan, salah satu instruktur PPSDM Migas menjelaskan bahwa pelatihan juga mencakup aspek keselamatan kerja. Operator produksi tingkat operator muda diberikan pemahaman yang baik tentang prosedur keselamatan yang harus diterapkan saat bekerja di lantai produksi.

“Mereka belajar tentang penggunaan peralatan pelindung diri, tata cara penanganan bahan kimia berbahaya, dan langkah-langkah pencegahan kecelakaan. Dengan pengetahuan ini, operator muda dapat mengurangi risiko kecelakaan di tempat kerja yang dapat merugikan karyawan dan perusahaan,” jelasnya.

Selain itu tujuan utama pelatihan ini adalah memberikan bekal pengetahuan teori praktis dan memperluas wawasan peserta tentang teknik dan peralatan operasi produksi, dan dasar-dasar teknik produksi.

Beberapa materi yang diberikan adalah tentang Istilah & Dasar-dasar Reservoir, Teknik dan Peralatan Produksi, Oil and Gas Separation, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Oil Water Treatment, Gas Dehydration, dan Gas Measurement.

Baca Juga :   Pentingnya K3 Perkantoran untuk ASN di Lingkungan Kementerian ESDM

Selain pelatihan, peserta juga mengikuti sertifikasi Operasi Produksi Tingkat Operator Muda yang sangat penting dalam industri migas. Sertifikasi ini merupakan bukti bahwa seorang pekerja telah memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi yang ditetapkan.

Dengan memiliki sertifikasi, para pekerja akan diakui secara resmi sebagai operator muda yang kompeten. Hal ini akan memberikan kepercayaan kepada perusahaan dan masyarakat bahwa para pekerja memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugas mereka dengan baik.(adv/suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *