Pertamina EP Field Cepu Beri Edukasi HSSE Kepada Pelajar Sekitar Wilayah Kerja

Wakil Ketua Peringatan Bulan K3, Sri Darmastuti saat memberikan materi HSSE kepada para pelajar SMA sederajat.
ANTUSIAS : Wakil Ketua Peringatan Bulan K3, Sri Darmastuti saat memberikan materi HSSE kepada para pelajar SMA sederajat.

SuaraBanyuurip.com — Arifin Jauhari

Blora — PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Field Cepu Zona 11 memberikan edukasi tentang Health, Safety, Security, and Environment atau HSSE kepada para pelajar di sekitar wilayah kerja.

Kegiatan bertajuk “HSSE Sharing Knowledge for Teens” itu dilaksanakan dalam rangka peringatan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) tahun 2024.

Field Manager Pertamina EP Field Cepu Zona 11, Agung Wibowo melalui Wakil ketua Peringatan Bulan K3, Sri Darmastuti mengatakan, acara sosialisasi aspek HSSE ditujukan kepada para siswa SMA/ SMK sederajat di wilayah kerja Ring 1 Pertamina EP Field Cepu. Baik untuk para pelajar di Kabupaten Blora, Jawa Tengah maupun kepada para pelajar di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, Jawa Timur.

“Penting untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang HSSE kepada generasi muda, kami ingin anak-anak SMA lebih tahu tentang bidang HSSE di industri migas, sehingga mereka memiliki referensi dan pemahaman yang lebih baik,” ujar Tuti, sapaan akrabnya kepada Suarabanyuurip.com, Selasa (20/02/2024).

Baca Juga :   PEPC Zona 12 Pastikan Proses Operasi Berjalan Lancar dan Selamat 

Materi yang disampaikan dalam HSSE Sharing Knowledge for Teens itupun sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak Sekolah Menengah Atas (SMA).

Yaitu ihwal keselamatan berkendara, pengetahuan umum HSSE, alat pelindung diri (APD), penanganan pertama pada luka korban/ bantuan hidup dasar, bahaya NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya), Teori Api dan Kebakaran, serta Pengelolaan Limbah.

“Tujuannya agar mereka bisa menerapkan pengetahuan ini di lingkungan sekolah, di lingkungan keseharian, di masyarakat maupun di rumah,” terang perempuan ramah berkaca mata ini di SMK Muhammadiyah 2 Cepu.

Adapun sasarannya, ada sebanyak dua puluh satuan pendidikan yang diundang dalam acara ini, delapan belas sekolah diantaranya telah mengkonfirmasi kehadirannya.

Usai mendapat pembekalan, para peserta akan diuji dalam lomba cerdas cermat, untuk mengetahui pemahaman mereka tentang HSSE. Bagi peraih Juara 1, 2, dan 3 akan diumumkan pada puncak bulan K3 Field Cepu pada tanggal 23 Februari 2024.

Untuk diketahui, Pertamina EP Field Cepu berkomitmen untuk terus meningkatkan kesadaran tentang HSSE di kalangan masyarakat, termasuk generasi muda.

Baca Juga :   Pertamina EP Cepu Field Atasi Kebocoran Pipa, Kini Fokus Kembalikan Kualitas Tanah

Kegiatan HSSE Sharing Knowledge for Teens tersebut adalah bagian dari bentuk tanggung jawab dan perhatian sosial di lingkungan perusahaan.

“Harapannya dapat memberikan edukasi dan pemahaman yang bermanfaat bagi para siswa SMA dalam menjaga keselamatan dan kesehatan diri sendiri dan orang lain,” tandas Tuti.

Di tempat yang sama, guru pendamping Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Cepu, Ahmad Fatoni, menyambut baik kegiatan tersebut. Sebab dinilai sangat bagus dan bermanfaat bagi anak-anak. Terutama dalam aspek keselamatan dan keamanan.

“Mudah-mudahan, acara ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahun, apalagi ada sekolah binaan dari Pertamina EP Field Cepu dalam bidang HSSE,” ucapnya.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *