Dukung Pengembangan Pendidikan Al-Quran di Bulan Ramadan, PRPP Selenggarakan Lomba Tartil Al-Quran

CSR PRPP
Peserta lomba Tartil Al-Qur.’an Tingkat Taman Kanak-Kanak Al-Qur.’an (TKA) dan Taman Pendidikan Al-Qur.’an (TPA) yang diikuti oleh para santri dari Taman Pendidikan Quran yang berlokasi di 6 (enam) desa sekitar area Proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban yang dilaksanakan oleh Pertamina Rosenft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP).(dok.PRPP)

SuaraBanyuurip.com – Perkembangan syiar dan pendidikan Islam di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur dapat dikatakan cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan tumbuhnya pusat-pusat pendidikan Islam baik pendidikan formal maupun non-formal, dan juga yang paling membanggakan adalah prestasi Kecamatan Jenu maupun warganya dalam pelbagai perlombaan bernafaskan pendidikan Islam. Terbaru, Kecamatan Jenu mendapatkan peringkat ke-dua dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXX Tingkat Kabupaten Tuban tahun 2022 lalu.

Sejalan dengan hal tersebut sekaligus memanfaatkan momentum Bulan Ramadan 1445 H atau tahun 2024, PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) menyelenggarakan Lomba Tartil Al-Quran Tingkat Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKA) dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) yang diikuti oleh para santri dari Taman Pendidikan Quran yang berlokasi di 6 (enam) desa sekitar area Proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban pada Sabtu dan Ahad (30/03/2024 – 31/03/2024) pekan lalu. Kegiatan ini diselenggarakan di gedung TPQ Matholiul Anwar Desa Wadung dan diikuti oleh total 50 peserta yang berasal dari 14 TPQ.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen kami dalam mengembangkan pendidikan di sekitar area proyek khususnya dalam hal ini yaitu pengembangan pendidikan dan syiar Islam,” buka Yuli Witantra dari Corporate Affairs PRPP dalam sambutannya pada kegiatan ini.

Baca Juga :   Bisnis Kilang Pertamina Internasional Lampaui Target di Triwulan Pertama 2023
Peserta Tartil Quran.
Salah satu peserta lomba Tartil Al-Quran Tingkat TKA dan TPA saat membaca Al-Quran.

Yuli menerangkan lebih lanjut bahwa sejumlah program di bidang pendidikan telah diselenggarakan oleh perusahaan antara lain pemberian beasiswa dan edukasi pelestarian lingkungan dan keselamatan ke sejumlah sekolah di Tuban dan momentum Ramadan ini merupakan momentum Perusahaan untuk turut serta dalam mengembangkan pendidikan Islam di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

“Selamat bertanding kepada adik-adik, jangan lihat menang kalahnya, tetapi jadikan kompetisi ini sebagai niat kita mensyiarkan Agama Islam dan pendidikan Al-Quran. Tentunya melalui kegiatan ini, kita memperoleh 2 (dua) manfaat yaitu mengembangkan edukasi mengenai Al-Quran sekaligus memanen pahala dari Allah SWT yang Insya Allah dilipatgandakan di bulan suci Ramadan ini,” tutup Yuli.

Sementara itu kegiatan Lomba Tartil Al-Quran mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak. Muthoharoh, Kepala TPQ Matholiul Anwar Desa Wadung menyambut antusias dan mengapresiasi kegiatan ini. Dia menyatakan bahwa Ramadan tahun ini berasa lebih semarak bagi para tenaga pendidik dan anak-anak peserta TPQ dengan adanya lomba ini.

Baca Juga :   Proyek Kilang Tuban Tanam Puluhan Ribu Pohon

Hal senada disampaikan Subhan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Kabupaten Tuban yang pada kesempatan kali ini didaulat sebagai salah satu anggota dewan juri. Subhan mengaku terkesan dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh PRPP di bulan Ramadan ini. Dia juga mengungkapkan apresiasi terhadap seluruh peserta yang telah memiliki standar yang bagus untuk tingkat anak-anak.

Tartil quran.
Peserta lomba Tartil Al Quran tingkat Taman Pendidikan Al-Quran (TPA).

Pada lomba kali ini, ananda M. Nazril Muharom dari TPQ Manbail Futuh Desa Beji menjadi juara 1 tingkat TPA kategori putra dan ananda Erina Aulia dari TPQ yang sama untuk kategori putri. Sedangkan pada tingkat TKA, Misbahul Ma’aarif dari TPQ Darun Na’im Desa Beji menjadi juara 1 untuk kategori putra dan sedangkan di kategori putri, Anindhita Salsabila dari TPQ Matholiul Anwar Desa Wadung didaulat menjadi juara.

Kegiatan Lomba Tartil Al-Quran Tingkat TKA dan TPA tahun 2024 ini merupakan lomba tartil Al-Quran pertama yang diselenggarakan perusahaan dan menjadi salah satu bagian dari komitmen implmentasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) khususnya TPB nomor 4 tentang komitmen penyediaan pendidikan berkualitas.(red)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *