STTR Cepu Akan Beralih Jadi Universitas Pertama di Blora

Kampus STTR Cepu akan beralih menjadi UTR bakal menjadi universitas pertama di Blora, Jawa Tengah.
TRANSFORMASI : Kampus STTR Cepu akan beralih menjadi UTR bakal menjadi universitas pertama di Blora, Jawa Tengah.

SuaraBanyuurip.com — Arifin Jauhari

Blora — Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR) Cepu bakal beralih bentuk menjadi universitas. Dengan perubahan menjadi Universitas Teknologi Ronggolawe (UTR), maka akan menjadi universitas yang pertama kali di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

“STTR Cepu akan segera beralih bentuk menjadi universitas,” kata Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe Cepu, Agus Dwi Korawan kepada Suarabanyuurip.com di ruang kerjanya, Senin (08/07/2024).

Demi terwujudnya hal tersebut, saat ini pihaknya sedang berbenah untuk menyiapkan segala sesuatunya. Keberhasilan ini nanti bakal menjadi penananda sejarah perkembangan dunia pendidikan di kabupaten tetangga Bojonegoro, Jawa Timur.

“Sekarang kami telah memiliki lahan seluas 1,7 hektar. Padahal syarat minimal untuk mendirikan sebuah universitas hanya 1 hektar,” ujar dia.

Sehingga, luasan itu tentulah lebih dari cukup. Pria yang karib disapa Wawan ini juga menyebutkan bahwa selain di Mentul, pihaknya pun memiliki lahan di Jalan By Pass dan wilayah Wonorejo.

“Semuanya siap dibangun untuk menunjang sarana prasarana perkuliahan serta kegiatan akademik lainnya,” terang Wawan.

Baca Juga :   Pelajar SMPN 1 Gayam Belajar Energi Migas

Lahan yang ada di Jalan By Pass kelak akan dijadikan kampus pusat. Sedangkan lahan yang ada di wilayah Wonorejo akan dibangun laboratorium. Dengan begitu, lembaga  pendidikan tinggi unggul dikatakannya bakal segera terwujud.

“Kami sudah mengunggah semua persyaratan, dan sudah lengkap. Kami optimis sekali tidak lama lagi akan mendapat persetujuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” beber pria 59 tahun ini.

Mengenai fasilitas, penghobi olahraga bulutangkis ini mengaku sudah mempersiapkan sejak dini. Ruang perkuliahan, ruang dosen, dan ruang perpustakaan untuk menunjang keberadaan program studi baru sudah dipersiapkan.

Doktor alumnus Universitas Brawijaya (UB) ini menyatakan, semua persyaratan untuk menjadi universitas sudah lengkap. Sejumlah dosen sudah dipersiapkan untuk pembukaan program studi baru. Termasuk jumlah fakultas dan program studi yang disyaratkan, jauh-jauh hari STTR Cepu sudah mempersiapkan pula.

“Persiapan pembukaan program studi baru, yaitu Bisnis Digital dan Kewirausahaan sudah matang. Nanti ada fakultas eksak dan non eksak,” jelasnya.

Saat ini, program studi Strata 1 yang ditawarkan yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Informatika, serta Diploma 3 Teknik Mesin. Sementara yang segera dibuka Program Studi Bisnis Digital dan Program Studi Kewirausahaan.

Baca Juga :   KSP Pastikan Kelancaran Fase Operasi Jambaran Tiung Biru

Untuk menjadi universitas, lanjut dia, syaratnya harus memiliki fakultas eksak dan non eksak. Pihaknya bersyukur syarat itu terpenuhi. Bahkan meyakini tahun ini persetujuan akan turun. Setelah itu akan langsung tancap gas.

“Kami berupaya maksimal untuk menjadikan UTR sebagai perguruan tinggi unggulan dan bergengsi di wilayah Jateng Timur,” tandas pria asal Banyuwangi itu.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Komentar

  1. Demi Nusa Bangsa,UTR,Museum Migas,pengembangan Ekonomi,Pabrik Methanol,Terminal Bis n Bandara Ngloram adalah bentuk kontribusi seluruh komponen warga Blora…..

  2. Saran, UTR jangan paka nama Ronggolawe, karena diKab. Tuban dah ada Universitas Ronggolawe ( UniRaw) .tolong pakai tokoh yang mencerminkan dari masyarakat Kab. Blora atau Cepu.Maturnuwun