Menteri Anas dan Mensos Risma Bahas Penanggulangan Kemiskinan

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas ketika berbincang dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini, di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (05/07).(Foto : dok Kementerian PANRB)

Suarabanyuurip.com – Sami’an Sasongko

Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas lakukan pertemuan dengan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, membahas perihal penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur di lingkungan kementerian sosial (Kemensos) hingga percepatan implementasi Reformasi Birokrasi Tematik yang salah satu fokusnya adalah penanggulangan angka kemiskinan dengan melibatkan lintas kementerian dan pemda di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (05/07/2023).

“Kami hari ini kedatangan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Kita berbicara komprehensif bagaimana penanganan problem sosial ke depan kita tangani dengan baik. Yang sudah sangat baik dijalankan Bu Risma, kami yakin ke depan bisa terus ditingkatkan,” kata Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas.

Sesuai arahan Presiden Jokowi, kata Anas, Kementerian PANRB telah menetapkan Reformasi Birokrasi Tematik yang dibagi ke dalam empat kluster. Yakni, Penanggulangan Kemiskinan, Peningkatan Investasi, Percepatan Prioritas Aktual Presiden, dan Digitalisasi Administrasi Pemerintahan.

Saat ini, lanjut Anas, reformasi birokrasi difokuskan tidak lagi hanya mengurusi masalah tata kelola administratif, namun diarahkan mengejar dampak yang dirasakan rakyat, termasuk soal kemiskinan.

Baca Juga :   Besok KPU Blora Tetapkan Bupati Terpilih

Untuk mengakselerasi penanganan persoalan kemiskinan dan sejumlah tugas Kementerian Sosial, diperlukan SDM yang mumpuni hingga daerah pelosok. Oleh karenanya, Menteri Anas juga mendukung penguatan SDM hingga ke balai-balai di bawah Kementerian Sosial di seluruh Indonesia.

“Misalnya di Balai-Balai milik Kementerian Sosial yang memerlukan SDM kesehatan karena juga menjadi tempat bagi warga yang memiliki problem kesehatan disamping problem sosial,” ujarnya.

Anas juga mengapresiasi kenaikan indeks reformasi birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kemensos. “Ada banyak progres yang layak diapresiasi terkait SAKIP dan reformasi birokrasi di Kemensos,” tandasnya dilansir dari laman resmi Kementerian PANRB.

Sementara itu Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan, bahwa terdapat beberapa pembahasan yang dilakukan dengan Menteri PANRB beserta jajaran. Seperti sektor kelembagaan serta SDM di lingkungan Kemensos.

Disampaikan pula bahwa jumlah penduduk yang semakin banyak juga berpengaruh terhadap besarnya masalah sosial. Ditambah dengan letak geografi Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki tantangan tersendiri dalam hal penanganan sosial.

Baca Juga :   Sarasehan Paska Pilkada, Paslon Terpilih Tak Hadir

“Namun demikian berbagai upaya terus dilakukan, seperti penguatan SDM di lingkungan Kemensos terutama yang bertugas di wilayah pelosok,” pungkasnya.(sam)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *