Pj Bupati Bojonegoro Apresiasi Peran Pertamina Sukowati Terhadap Pengembangan Daerah

Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto (kanan) saat berbincang dengan Manager Pertamina EP Sukowati Field, Totok Parafianto.

SuaraBanyuurip.com – Arifin Jauhari

Bojonegoro – Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Adriyanto menyampaikan apresiasi atas peran PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Field Sukowati, bagian dari Zona 11, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina terhadap pengembangan daerah.

Pria kelahiran Palembang ini mengatakan, upaya dan perhatian yang dilakukan PT Pertamina EP Sukowati Field tentunya berdampak baik sebagai dukungan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bojonegoro No. 23 tahun 2011 tentang Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah Dalam Pelaksanaan Eksplorasi Dan Eksploitasi Serta Pengolahan Minyak Dan Gas Bumi Di Kabupaten Bojonegoro.

“Terima kasih disampaikan kepada Pertamina EP Field Sukowati yang telah membantu kami dalam meningkatkan pengembangan daerah melalui konten lokal,” kata Pj Bupati Adriyanto kepada SuaraBanyuurip.com, Jumat (17/11/2023) saat dikonfirmasi.

Pejabat Kementerian Keuangan ini menyebutkan, bahwa pernyataan itu mengemuka pada waktu kunjungan kehormatan dari Pertamina EP Sukowati Kepada Pj Bupati Bojonegoro di Komplek Rumah Dinas Bupati pada Jumat (27/10) lalu.

Adriyanto kala itu menyampaikan konsen pada pengembangan ekonomi kemasyarakatan dan peningkatan pajak daerah melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan sektor bisnis konten lokal.

Baca Juga :   Gelar Pertemuan Rutin Bahas Peluang Usaha

Ini dia katakan karena melihat bahwa peran UMKM dan sektor bisnis mampu menjadi roda penggerak di bidang ekonomi kemasyarakatan. Dengan begitu, memiliki pengaruh positif pada peningkatan pendapatan daerah.

‘Dengan hidupnya roda perekonomian masyarakat, secara tidak langsung turut berpartisipasi dalam peningkatan pendapatan daerah di sektor pajak,” kata peraih gelar Ph.D dari The Australian National University.

Terpisah, Field Manager PT Pertamina EP Field Sukowati, bagian dari  Zona 11, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina, Totok Parafianto mengaku terus berupaya menjaga sinergi perusahaan dengan pemerintah daerah.

Untuk itu, Totok, sapaan akrab dia, juga menyampaikan terima kasih atas dukungan stakeholder khususnya pemerintah Kabupaten Bojonegoro terhadap kegiatan operasi perusahaan.

Pengejawantahan atas sinergi dimaksud diantaranya, Pertamina EP Sukowati Field memiliki komitmen dalam program pengembangan masyarakat (PPM) yang bertujuan memberdayakan kelompok binaan agar mandiri. Sedangkan salah satu program dalam PPM gagasan Pertamina Field Sukowati di tahun 2023 bergerak di bidang UMKM.

“Saat bertemu beliau (Pj Bupati Adriyanto) kami sampaikan bahwa kami memberikan pendampingan kepada UMKM lokal di Bojonegoro dengan tujuan yang sejalan dengan Pemerintah Bojonegoro,” ujar Totok menanggapi Pj Bupati Adriyanto.

Baca Juga :   Penertiban Baliho Mantan Bupati : Pj Bupati Bojonegoro dan Kominfo Tidak Sepaham

Selain berkontribusi pendampingan selama lima tahun kepada pelaku UMKM dalam bidang ekonomi kemasyarakatan, Pertamina Field Sukowati juga turut aktif dalam upaya penyerapan tenaga kerja lokal di wilayah sekitar operasi perusahaan.

“Hingga kini Alhamdulillah kami sudah menyerap ratusan tenaga kerja lokal di area sekitar wilayah operasi perusahaan,” tambahnya.(fin)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *