Destinasi Wisata di Bojonegoro yang Menarik Dikunjungi saat Libur Lebaran Idulfitri

Wisata Gofun.
Aneka wahana permainan disajikan di wisata GoFun yang berada di pusat Kota Bojonegoro. © 2022 suarabanyuurip.com/Ist/sbu

SuaraBanyuurip.com – Libur lebaran Idulfitri tahun 2024 menjadi memontum menghabiskan waktu bersama keluarga. Bagi Anda yang sedang mudik atau berlibur di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur jangan lewatkan mengunjungi objek wisata untuk menghilangkan penat.

Banyak destinasi wisata di Kabupaten Bojonegoro, yang menarik dikunjungi. Selain menyuguhkan panora alam yang eksotik, juga dilengkapi fasilitas yang memanjakan pengunjung.

Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Bojonegoro tersebar hampir di seluruh penjuru Bojonegoro. Mulai dari wilayah timur, barat, selatan dan utara.

Pengunjung juga dapat dengan mudah menjangkau tempat wisata di Bojonegoro, baik menggunakan kendaraan pribadi, rombongan, maupun sepeda motor. Sebab, semua jalan di Bojonegoro antarkecamatan telah dibangun rigid beton dan aspal.

Berikut daftar destinasi wisata terbaru dan terlengkap di Bojonegoro :

1. Puthuk Kreweng

Kolam renang puthuk kreweng.
Kolam renang yang berada di wisata Puthuk Kreweng Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, ramai pengunjung saat liburan.

Wisata Puthuk Kreweng berada di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam atau desa ring satu pengeboran sumur minyak terbesar di Indonesia, yakni Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu.

Wisata Puthuk Kreweng terletak di Jalan Raya Gayam, Desa Mojodelik Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Wisata tersebut mulai dilaksanakan pembangunan pada 26 Juni 2020. Lahan wisata puthuk kreweng berada di lahan milik perhutani seluas hampir 7 Hektar/Ha.

Wisata Puthuk Kreweng dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun empat. Untuk menjangkau wisata ini, pecngunjung bisa mengambil jurusan Bojonegoro – Padangan. Sesampainya di perempatan Clangap, Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu, mengambil arah ke selatan. Jaraknya sekitar 6 kilo meter ke arah selatan.

Wisata Puthuk Kreweng menyediakan sejumlah wahana yang membuat pengunjung nyaman dan betah. Di antaranya Kolam Renang, Flying Fox, ATV, Kereta Anak dan Area Sirkuit Trail dan Offroad. Selain itu juga ada sarana umum seperti Mushola, Toilet, Gazebo, Pendopo Pertemuan, Panggung ekspresi, Tempat Parkir, Spot Foto dan Wastafel.

Tarif masuk di wisata Puthuk Kreweng cukup murah, hanya Rp 5.000. Gimana nggak pingin ke sana ?

2. Kampung Tumo

Objek Wisata Kampung Tumo
Objek Wisata Kampung Tumo berada di Dusun Tumo, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro.

Objek Wisata Kampung Tumo berada di Dusun Tumo, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Tempat ini dikenal dengan keasrian alamnya yang masih terjaga.

Pada awal berdirinya Kampung Tumo Bojonegoro ini ialah tempat sekolah bagi para pramugari maupun perhotelan dengan standar yang cukup tinggi. Bahasa kesehariannya adalah Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.

Sekolah ini didirikan oleh Kang Priyo, pria asal Dusun Tumo sendiri. Kang Priyo merupakan karyawan di salah satu maskapai penerbangan internasional. Kang Priyo dibantu rekan-rekannya dalam membangun sekolah yang lulusannya tersebar di beberapa maskapai di Indonesia bahkan Internasional.

Kampung Tumo kemudian berkembang menjadi Desa wisata edukasi. Kampung Tumo menyediakan jasa berbagai Pelatihan pengembangan diri seperti public speaking, motivation training, mental building, character building, teamwork building, entrepreneurship, hospitality, bahasa Inggris dll.

Di Kampung Tumo juga menyediakan kafe dan resto, penginapan,glamping ground, kolam renang dan paket desa wisata lainnya.

3. Teksas Wonocolo

Petroleum Geopark Bojonegoro.
Sumur minyak tradisional di Kecamatan Kedewan merupakan salah satu wisata petroleum geopark di Kabupaten Bojonegoro.

Wisata Teksas Wonocolo berada di Desa Kedewan, Kecamatan Kedewan. Wisata ini menyuguhkan penambangan minyak peninggalan kolonial Belanda yang ditambang secara tradisional oleh masyarakat. Lokasinya berada di perbukitan.

Wonocolo telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai Geopark Bojonegoro. Wonocolo adalah merupakan Geopark yang bertema Geopark minyak bumi. Dari 20 geosite yang dimiliki Bojonegoro, geosite utamanya adalah geosite Kayangan Api dan Wonocolo.

Proses geologi dari Wonocolo merupakan antiklin yang menyebabkan formasi Wonocolo yang umurnya lebih tua dari formasi Ledok menerobos dan berada di permukan. Struktur tersebut kemudian menyebabkan terbentuknya minyak di wonocolo.

Di kawasan Wonocolo ini merupakan penghasil minyak terdangkal di dunia. Batuan reservoir penghasil minyak bumi hanya pada kedalaman rata-rata +100 meter di bawah permukaan tanah (kedalaman reservoir berada di atas permukaan air laut. Terdapat 700 sumur minyak, 200 sumur di antaranya ditambang secara tradisional.

Penambangan minyak tradisional Texas Wonocolo kerap menjadi jujugan orang-orang luar daerah dan mahasiswa yang melakukan penelitian.

Lokasi sumur tua ini berjarak 60 km dari pusat kota Bojonegoro dan berbatasan dengan kabupaten Blora, Jawa Tengah. Wisata ini mudah dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun dua. Kamu bisa datang dan mengajak teman – teman untuk menambah wawasan tentang pengeboran minyak yang dulu pernah dilakukan.

4. Waduk Gongseng

Waduk Gongseng.
Waduk Gongseng di Desa Kedungsari, Kecamatan Temayang, menjadi wisata baru di Bojonegoro.
© 2022 suarabanyuurip.com/Ist/sbu

Waduk Gongseng merupakan destinasi wisata baru di Kabupaten Bojonegoro. Lokasi wisata ini berada wilayah Bojonegoro selatan, tepatnya di Desa Kedungsari, Kecamatan Temayang. Untuk menjangkaunya melalui akses menuju jalan nasional Bojonegoro – Nganjuk.

Baca Juga :   Replika Fosil Gajah Purba Akan Dipajang di Blora

Waduk Gongseng merupakan bendungan baru yang mampu menampung air hingga 22,43 juta meter kubik, dan dapat mengairi persawahan seluas 6.191 hektar. Selain untuk memenuhi kebutuhan persawahan, air waduk Gongseng juga diproyeksikan sebagai air baku untuk minum.

Lokasi Waduk Gongseng berada di tengah hutan yang rindang dan asri. Tempatnya yang luas dan ditunjang pemandangan alam menjadikan bendungan ini dijadikan tempat wisata baru di Bojonegoro yang layak kamu kunjungi.

5. Waduk Pacal

Waduk Pacal.
Obyek wisata waduk pacal di Kecamatan Temayang.

Jika Anda berwisata ke Waduk Gongseng, tidak lengkap jika tidak mampir di Wisata Waduk Pacal. Lokasi wisata ini bera satu jalur, tepatnya berada di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang.

Objek wisata Waduk Pacal merupakan tempat rekreasi melegenda karena dibangun pada zaman Belanda pada tahun 1933. Waduk ini dibangun untuk mencukupi kebutuhan irigasi pertanian di wilayah sekitar hingga saat ini.

Keindahan alam di sekitar waduk membuatnya tak sekedar tempat penampungan air. Pepohonan rindang yang menghiasi kawasan Waduk Pacal membuat sejuk dan nyaman wisatawan yang datang.

Dengan harga tiket yang cukup murah, yakni Rp. 5.000,- para wisatawan sudah bisa menikmati lokasi wisata ini. Setiap weekend dan hari libur, lokasi ini selalu ramai dikunjungi. Banyak pengunjung yang memilih menikmati waktu liburnya di tempat ini karena lokasinya yang nyaman.

6. Wana Wisata Dander/Dander Water Park

Dander Water Park.
Obyek wisata Dander Water Park.

Wana Wisata Dander berada di Desa/Kecamatan Dander. Wisata yang satu ini memiliki banyak spot menarik dan wahana seru yang siap memanjakan libur akhir pekan kamu dan keluarga.

Fasilitas yang ada di Wana Wisata Dander juga terbilang cukup lengkap, mulai dari mushola, waterpark, warung makan, toilet umum, camping dan outbound area. Untuk jam bukanya sendiri, wisata ini buka mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB dan tiket masuknya dikenakan Rp10.000 per orang.

7. Sendang Grogolan

Sendang grogolan.
Wisata Sendang Grogolan di Desa Ngunut, Kecamatan Dander.
© 2022 suarabanyuurip.com/skidang.com

Sendang Grogolan atau Growgoland Water Fun berada di tengah hutan lindung, tepatnya di Dusun Grogolan, Desa Ngunut, Kecamatan Dander.

Rerimbun pepohan tinggi dan besar menjulang mengelilingi Wisata Sendang Grogolan. Bahkan ditempat ini terdapat pohon winong atau Tetrameles nudiflora yang diperkirakan berumur di atas 100 tahun.

Wisata Sendang Grogolan menyajikan sumber mata air yang jernih. Saking jernihnya, bebatuan di dasar sendang terlihat jelas.

Mata air ini awalnya digunakan sebagai tempat mencuci dan mandi oleh warga sekitar. Lazimnya budaya Jawa, untuk menghormati mata air ini para warga juga secara rutin melakukan sedekah bumi dan bermacam upacara adat. Namun, lama-kelamaan Sendang Grogolan dijadikan objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan bahkan dari luar Bojonegoro.

Di Sendang Grogolan, wisatawan diperbolehkan berenang dan mandi di kolam yang dangkal. Pantangannya hanya satu: dilarang mengotori air, baik buang air kecil maupun membuang sampah.

Beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati ketika berwisata di Sumber Grow Go Land Waterfun Bojonegoro di antaranya tempat parkir kendaraan, roilet dan kamar mandi, warung wisata, mushola, Gazebo dan tempat duduk, camping area.

Selain itu di wisata Grow Go Land juga terdapat outbond ground, wahana menarik seperti river tubing Spot foto menarik.

Tempat wisata murah di Bojonegoro satu ini rekomended untuk anda explore bersama keluarga dan dapatkan perjalanan liburan menyenangkan.

8. Khayangan Api atau Api Abadi

Api abadi di wisata Kayangan Api terletak di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem.
© 2022 suarabanyuurip.com/Ist.sbu

Wisata Kayangan Api atau api abadi ini berada di tengah hutan jati tepatnya di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem. Wisata ini telah melegenda karena sumber apinya tidak pernah padam sekalipun diguyur hujan deras.

Api Kayangan diyakini telah berpijar dalam kurun waktu yang sangat lama, yakni dari zaman Kerajaan Majapahit. Di zaman itu, api tersebut kerap digunakan sebagai tempat pertapaan oleh seorang bernama Mbah Kriyo Kusumo.

Dari cerita tutur, api tersebut muncul setelah Mbah Kriyo pulang dari tempat pertapaan. Kala itu, ia membawa sebuah api dari tengah hutan dan langsung menyalakannya di dekat tempatnya bertapa, yakni di lokasi Api Kayangan saat ini.

Tak hanya bertapa, di lokasi tersebut, Mbah Kriyo juga kerap membuat pusaka berupa keris. Adapun salah satu pusakanya yang terkenal adalah Keris Jangkung Luk Telu Blong Pok Gonjo.

Wisata Kayangan Api sampai saat ini dijadikan lokasi pengambilan api abadi dalam rangakaian peringatan hari jadi Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga :   KPU Bojonegoro Buka Seleksi PPK dan PPS untuk Pilkada 2024

9. Taman Pinggir Gawan (TPG)

Wisata Taman Pinggir Gawan atau TPG.© 2022 suarabanyuurip.com/Dok.sbu

Wisata Taman Pinggir Gawan atau TPG berada di Desa Pilanggede, Kecamatan Balen. Wisata ini berada di pinggir Sungai Bengawan Solo. Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun dua. Untuk menjangkaunya cukup mudah, dari perempatan Balen jalan Bojonegoro – Babat, kamu bisa mengambil arah ke utara sekitar 3,5 Km.

Di wisata TPG ini pengunjung disuguhi aneka tanaman bunga warna-warnai dengan gemericik air. Spot foto dengan latar belakang Sungai Bengawan Solo yang melegenda menjadi pelengkap untuk berselfi.

Selain itu, ada sejumlah gazebo di antara tanaman bunga dan jambu kristal. Pengelola juga menyediakan speedboat yang bisa disewa untuk menikmati Bengawan Solo, dan motor trail untuk anak-anak. Wisata ini ramai pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur nasional..Tiket masuk ke wisata TPG hanya Rp5.000/orang.

Wisata TPG dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pilanggede Gemilang. Wisata ini resmi dibuka pada 19 November 2019, bertepatan dengan Festival Bengawan, oleh Bupati Anna Muawanah.

Wisata TPG bearada di lahan seluas 800 meter persegi. Kedepan tempat piknik ini akan diperluas menjadi 1 hektar (Ha), dengan menambah sejumlah fasilitas seperti kolam renang, flying fox, dan wisata edukasi pertanian. Serta menambah tanaman buah-buahan seperti durian, kelengkeng, dan belimbing.

10. Waduk Grobogan

Waduk grobokan.
Wisata Waduk Grobokan berada di Desa Bendon, Kecamatan Kapas.
© 2022 suarabanyuurip.com/Ist/sbu

Wisata Waduk Grobokan berada di Desa Bendo, Kecamatan Kapas. Waduk Grobogan dulunya hanya dipakai untuk pengairan sawah. Baru pada 2017, disulap menjadi tempat wisata baru di Bojonegoro.

Wisata Waduk Grobogan menyuguhkan suasana pedesaan yang khas. Seperti sungai yang membentang di antara jalan poros desa dari Waduk Grobogan. Adanya bangunan tua membentuk “Grojogan” menambah indahnya wisata ini.

Di wisata Waduk Grobokan juga terdapat kawasan pohon jati dengan hiasan payung yang digantungkan diantara daun-daun pohon jati, bandulan dan dermaga berbentuk hati yang tentunya banyak dipakai untuk spot berfoto, terdapat sebuah tumpukan bambu yang mempunyai bentuk menarik, juga perahu untuk menyusuri keindahan waduk.

11. Wisata Sumber Maha Dewi

Sumber maha dewi.
Wisata Sumber Maha Dewi.

Wisata Sumber Maha Dewi terletak di tengah perkebunan salak yang luas. Objek wisata sekaligus tempat rekreasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga, kerabat maupun rombongan. Wisata ini tergolong baru di Bojonegoro, resmi dibuka pada awal tahun 2020.

Di tempat wisata ini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan kebun salak. Menikmati keindahan alam kebun salak di sekeliling taman yang luas. Pengunjung juga bisa mencicipi dan memetik buah salak khas Bojonegoro langsung dari pohonnya.

Selain kebun salak, disini juga tersedia beberapa wahana seru dan menarik. Diantaranya terdapat wahana mandi bola, ayunan, seluncuruan dan miniatur hewan. Yang menjadi daya tarik dari wisata Sumber Maha Dewi adalah terdapatnya kolam renang. Airnya jernih dan bersih berasal dari sumber mata air alami.

Tiket masuk wisata Sumber Maha Dewi sangat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Untuk hari biasa Rp 5 ribu dan Rp 7 ribu untuk hari libur.

12. Taman Rajekwesi

Taman Rajekwesi merupakan tempat wisata di pusat Kota Bojonegoro.
© 2022 suarabanyuurip.com/Ist.sbu

Taman Rajekwesi adalah salah satu tempat wisata di pusat Kota Bojonegoro, tepatnya di Kelurahan Jetak. Lokasi ini sebelumnya adalah terminal, kemudian disulap menjadi tempat rekreasi dan olahraga.

Taman Rajekwesi cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di sini terdapat jalan setapak dan jogging track yang dikelilingi pepohonan hijau dengan area bermain untuk anak. Selain itu, tentunya kamu bisa berfoto-foto bersama keluarga karena tempatnya cukup instagramable. Untuk masuk ke area taman ini tidak dikenakan biaya.

Nah, bagi kamu yang lagi berpergian di Kota Bojonegoro jangan lewatkan untuk mampir ke Taman Rajekwesi.

13. Agrowisata Belimbing

Kebun belimbing.
Agrowisata Kebun Belimbing Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu.

Agrowisata Belimbing ini berada di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu. Destinasi wisata yang satu ini berjarak 15 km dari pusat kota Bojonegoro dan bisa ditempuh sekitar 40 menit berkendara.

Di Agrowisata Belimbing Ngringinrejo ini pengunjung bisa memetik buah belimbing langsung dari pohonnya dan bisa langsung menyantapnya. Rasanya lebih segar dan nikmat, berbeda dengan buah belimbing yang biasa ditemukan di pasar atau supermarket.

Bahkan, belimbing di lokasi wisata ini juga sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berlibur di Bojonegoro.

Setiap tahun di tempat ini juga diadakan Festival Belimbing. Petani mengarak belimbing yang ditumpuk seperti gunungan seberat tiga ton. Setelah prosesi selesai, warga saling berebut belimbing. Tempat ini cocok untuk didatangi bersama dengan keluarga.

14. GoFun Theme Park

Wisata Gofun.
Aneka wahana permainan disajikan di wisata GoFun yang berada di pusat Kota Bojonegoro.
© 2022 suarabanyuurip.com/Ist/sbu

Wisata buatan GoFun Theme Park berada di pusat Kota Bojonegoro. Tepatnya di Jalan Veteran, Desa Sukorejo. Kawasan taman bermain yang satu ini memang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan.

GoFun Theme Park memiliki banyak tempat menarik seperti Jungle Safari, Rumah Bencana, dan Rumah Kaca. Selain itu, terdapat atraksi seperti komedi putar, kereta koboi, dan masih banyak lagi. Jika bermain di sini, disarankan hingga malam karena kelap-kelip lampunya sangat cantik pada malam hari apalagi terdapat terowongan lampion.

Itulah rekomendasi sejumlah wisata di Bojonegoro buat kamu yang ingin menikmati libur lebaran Idulfitri bersama keluarga dan teman.(red)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *