DPRD Bojonegoro Akan ke Sumuragung Selesaikan Polemik Tambang Kapur

Demo tambang kapur.
Wakil Ketua DPRD Bojonegoro, Sukur Prianto menemu warga Desa Sumuragung, Kecamatan Baureno yang mempertanyakan kompensasi dana tambang batu kapur.

SuaraBanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Audiensi soal polemik tambang kapur di DPRD Bojonegoro, Jawa Timur batal digelar, Rabu (6/12/2023) siang. Batalnya audiensi tersebut, diduga Kepala Desa Sumuragung, Kecamatan Baureno bakal mengerahkan massa untuk mendampinginya ke DPRD setempat.

“Kami sengaja membatalkan audiensi bersama masyarakat Desa Sumuragung karena khawatir terjadi chaos,” kata Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Sukur Priyanto.

Masyarakat Sumuragung kembali mendatangi DPRD Bojonegoro dengan tuntutan sama yakni memperjelas kompensasi Rp 7 miliar. Namun, agenda audensi hari ini seharusnya digelar bersama Kades Sumuragung Matasim terpaksa dibatalkan.

“Kalau terjadi chaos pasti akan bahaya antara masyarakat yang meminta kejelasan transparansi dana kompensasi dan masyarakat pendukung kades,” jelas Sukur.

Demo tambang kapur.
Warga Sumuragung kembali mendatangi Kantor DPRD Bojonegoro di Jalan Veteran untuk menanyakan dana kompensasi tambang batu kapur.

Sehingga, dari DPRD Bojonegoro meminta untuk audiensi mendatang hanya ada 10 perwakilan warga untuk menyampaikan aspirasi. Sukur mengatakan, DPRD Bojonegoro juga akan datang langsung ke tambang batu kapur di Sumuragung untuk melihat kondisinya.

Baca Juga :   322 Wilayah Pertambangan Rakyat Jawa Timur Ditetapkan

“Segera mungkin, insyaallah besok Minggu ini akan ke Sumuragung,” tegas politisi Partai Demokrat ini.

Sementara itu, Haji Affandy mengatakan, kedatangan warga dengan membawa tuntutan yang sama yakni tranparansi kompensasi tambang kapur.

“Agenda hari ini batal karena kades tidak datang. Akan tetapi kami juga senang karena DPRD Bojonegoro akan datang langsung ke Sumuragung,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *